Iklan - Scroll ke bawah untuk melanjutkan
Pendidikan

Tips Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

481
×

Tips Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Sebarkan artikel ini
Tips Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Bisa kuliah di luar negeri merupakan impian bagi Sebagian orang. Bagaimana tidak, kuliah di luar negeri tidak hanya mendapatkan Pendidikan yang berkualitas tapi juga mendapatkan pengalaman belajar di skala internasional.

Dengan berkuliah di luar negeri, individu akan dapat mengembangkan dirinya dalam skala internasional serta memperkuat pengembangan diri seperti kemampuan berbahasa asing, kerja professional, memperluas jaringan pertemanan, dan mempelajari berbagai budaya asing. Berbagai hal yang berkembang dengan baik akan membuka peluang masa depan yang lebih baik.

Scroll kebawah untuk lihat konten
Advertisement

Akan tetapi mahalnya biaya Pendidikan di luar negeri menjadi penghambat Sebagian orang. Untuk mengatasi masalah perekonomian Sebagian orang melamar beasiswa untuk membantu mereka. Akan tetapi, Jumlah beasiswa yang disediakan juga sangatlah terbatas dibandingkan peminat beasiswa yang ada. Banyak sekali pelamar beasiswa yang mengajukan setiap tahunnya.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri yang bisa diterapkan ketika melamar beasiswa agar keinginan kuliah di luar negeri tercapai. Berikut adalah cara-cara yang bisa kamu ikuti agar peluang mendapatkan beasiswa di luar negeri semakin besar :

  1. Pelajari kemampuan Bahasa asing hingga mahir

Saat ingin mendapatkan beasiswa di luar negeri, maka penting untuk kamu mengetahu negara mana yang akan dituju. Kamu harus memahami Bahasa yang digunakan di negara tersebut. Kemampuan Bahasa menjadi salah satu persyaratan yang sangat penting untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri.

Jika kamu tidak ahli dalam berbahasa asing, kamu bisa mempersiapkannya dari jauh-jauh hari. Jika kamu semakin paham dengan Bahasa di negara tersebut maka peluang mendapatkan beasiswa semakin besar.

Buatlah sistem belajar untuk mempelajari Bahasa asing di negara yang akan kamu tuju.

  1. Tingkatkan prestasi akademik dan non akademik

Selanjutnya, tips mendapatkan beasiswa keluar negeri adalah memperbanyak prestasi akademik dan non akademik. Hal ini sangat penting sekali karena hamper Sebagian universitas atau Lembaga beasiswa menjadikan prestasi akademik dan non akademik sebagai persyaratan mendapatkan beasiswa.

Maka dari itu, kamu harus mendapatkan prestasi sebanyak mungkin ketika sekolah ataupun ketika kuliah. Jika kamu tidak bisa mendapatkan prestasi secara akademik, maka dapatkanlah prestasi non akademik.

  1. Lengkapi persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan

Agar bisa mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri berjalan dengan lancer, maka kamu harus mempersiapkan kelengkapan berkas dan persyaratan untuk mendapatkan beasiswa. Lembaga beasiswa selalu menerapkan persyratan dan berkas-berkas yang harus dipenuhi.

Persyaratan dan berkas yang dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa di luar negeri seperti resume, transkrip nilai, Curriculum Vitae, surat rekomendasi,  dokumen pendukung yang membuktikan kemampuan berbahasa asing seperti Toefl dan Ielts, Portofolio, dan berbagai dokumen pendukung lainnya.

Persyaratan dan dokumen yang harus dipenuhi untuk persyaratan beasiswa di luar negeri biasanya sangat banyak. Maka kamu harus mempersiapkannya dari jauh-jauh hari.

  1. Buatlah Motivation Letter yang visioner

Motivation letter menjadi salah satu persyaratan berkas yang sangat penting dan selalu dibutuhkan ketika kamu melamar beasiswa di luar negeri. Pastikan kamu membuat motivation letter yang visioner dan ingin mengembangkan dan memecahkan permasalahan yang sedang terjadi di Indonesia.

Kamu juga bisa menceritakan pengalaman kamu ketika sekolah dan kuliah yang memiliki kaitan dengan jurusan yang kamu pilih. Pengalaman dan fakta akan membuktikan bahwa kamu memang memiliki keinginan yang kuat untuk melanjutkan studi di luar negeri. Sehingga akan membuat peluang mendapatkan beasiswa lebih besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *