Iklan - Scroll ke bawah untuk melanjutkan
EkonomiBerita

Omdia: Era Baru AI Bersiap Melampaui Semikonduktor Terkini di Gebrakan Kendaraan Listrik

564
×

Omdia: Era Baru AI Bersiap Melampaui Semikonduktor Terkini di Gebrakan Kendaraan Listrik

Sebarkan artikel ini
Omdia: AI Akan Melampaui Semikonduktor Generasi Baru Dalam Revolusi Kendaraan Listrik
Omdia: AI Akan Melampaui Semikonduktor Generasi Baru Dalam Revolusi Kendaraan Listrik

MataKalbar.com – Norma lama dalam industri semikonduktor, yang telah bertahan puluhan tahun, kini dihadapkan pada ujian kekuatan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Omdia meramalkan kemunculan ledakan semikonduktor baru, yang dipicu oleh revolusi kendaraan listrik (EV). Pertanyaannya, apakah ledakan AI akan mengikuti jejak serupa?

Menurut Callum Middleton, Analis Senior Omdia untuk komponen semikonduktor, “Industri yang telah lama bergantung pada teknologi silikon kini dihadapkan pada tantangan dan dorongan dari perangkat yang dibuat dari bahan baru. Pengembangan perangkat daya dari galium nitrida (GaN) dan silikon karbida (SiC) telah dimulai sejak abad lalu, namun kedua teknologi ini kini semakin matang dan mendapatkan dukungan dari gerakan ramah lingkungan. Perangkat yang terbuat dari bahan baru ini menawarkan peningkatan efisiensi yang signifikan dalam dunia yang terus berkembang ini.”

Scroll kebawah untuk lihat konten
Advertisement

Adopsi awal teknologi SiC oleh Tesla pada tahun 2018 memberikan dorongan signifikan, membawa teknologi ini dari laboratorium dan desain pengujian ke dalam mainstream. Sejak saat itu, pasar EV berkembang dengan pesat, dan semakin banyak produsen yang ingin mengintegrasikan teknologi ini ke dalam kendaraan mereka untuk meningkatkan kecepatan dan jangkauan pengisian daya.

Keberhasilan awal ini telah membuktikan kinerja dan keandalan SiC di dunia nyata, sementara pengisi daya ponsel dan laptop telah melakukan hal yang sama untuk teknologi GaN. Dengan ledakan AI yang semakin meluas, tekanan pada sistem pasokan dan distribusi energi semakin terasa.

Dalam rangka memastikan manfaat penuh AI dapat dinikmati dan diimplementasikan secara ramah lingkungan, perlu untuk memaksimalkan efisiensinya tanpa mengorbankan profitabilitas. Adopsi solusi SiC atau GaN untuk sumber energi di pusat data dapat secara signifikan mengurangi konsumsi energi, memberikan ruang tambahan untuk daya komputasi ekstra.

Middleton menutup dengan menyatakan, “Meskipun perangkat-perangkat baru dan beberapa dekade penelitian, pengembangan, pengujian, dan rekayasa mungkin tidak menjadi berita utama, namun peran mereka sangat penting untuk mendukung skala dan potensi Artificial Intelligence.”

Dalam waktu dekat, para profesional senior dari industri layar, chip AI, dan semikonduktor akan berkumpul di Omdia Korea Technology Conference pada tanggal 22-24 November 2023, di Seoul, Korea. Callum Middleton akan mempresentasikan penelitian terbaru Omdia mengenai semikonduktor dalam acara tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *