Iklan - Scroll ke bawah untuk melanjutkan
Otomotif

PT Astra Daihatsu Motor Bersiap Menuju NZE 2060 dengan Penggunaan Panel Surya di Pabriknya untuk Meningkatkan Karbon Netralitas

559
×

PT Astra Daihatsu Motor Bersiap Menuju NZE 2060 dengan Penggunaan Panel Surya di Pabriknya untuk Meningkatkan Karbon Netralitas

Sebarkan artikel ini
PT Astra Daihatsu Motor Siap Mencapai NZE 2060 dengan Implementasi Panel Surya di Pabriknya untuk Menekan Emisi Karbon

MataKalbar.com – PT Astra International Tbk menggelar Workshop Wartawan Industri 2023 di Menara Astra, Jakarta Pusat. Dalam acara tersebut, tiga unit usaha otomotif kendaraan roda empat di bawah naungan Astra, satu usaha properti Astra, dan satu usaha infrastruktur Astra ditampilkan.

PT Astra Daihatsu Motor sebagai salah satu unit usaha sektor otomotif menyatakan dukungannya terhadap rencana pemerintah Republik Indonesia mewujudkan Net Zero Emissions atau NZE 2060. Edward P. Napitupulu, Corporate Planning & Communications Division Head PT Astra Daihatsu Motor mengungkapkan, “Upaya karbon netral telah diwujudkan, yaitu dengan pabrik ramah lingkungan di Karawang yang bertempat di sebelah pabrik sebelumnya.”

Scroll kebawah untuk lihat konten
Advertisement

Berdasarkan rilis resmi PT ADM sebagaimana diterima Suara.com, pada 16 November 2023, Astra Daihatsu meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap atau Panel Surya dengan total kapasitas sebesar 3,2 Mega Watt peak (MWp) di pabrik Daihatsu di Karawang. Proyek kerja sama antara PT Astra Daihatsu Motor bersama PT Energia Prima Nusantara (EPN) ini memiliki kapasitas total sebesar 4,4 MWp dan mampu berkontribusi dalam menurunkan emisi karbon hingga sebesar kurang lebih dari 3.300 ton karbon dioksida per tahun.

Dengan kapasitas produksi 530.000 unit per tahun, PT ADM menjadi produsen manufaktur otomotif terbesar di Indonesia. Selain menyediakan kendaraan untuk pasar domestik, ADM juga memenuhi permintaan pasar ekspor ke lebih dari 80 negara di dunia. Erlan Krisnaring, Wakil Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor menyatakan, “Kami bersyukur dapat menerapkan panel surya secara bertahap di fasilitas pabrik perakitan Daihatsu di Karawang dalam mewujudkan pemanfaatan energi yang lebih bersih dan berkelanjutan.”

Harapan yang diungkapkan Erlan adalah agar hal ini dapat meningkatkan sinergi dan kolaborasi yang positif dalam lintas industri, juga menjaga hubungan yang harmonis dengan lingkungan demi generasi masa depan Indonesia yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *