Iklan - Scroll ke bawah untuk melanjutkan
Teknologi

Penjualan Brand Lokal dan UMKM Melonjak 7 Kali Lipat Saat Harbolnas 11.11 Shopee

586
×

Penjualan Brand Lokal dan UMKM Melonjak 7 Kali Lipat Saat Harbolnas 11.11 Shopee

Sebarkan artikel ini
Penjualan Brand Lokal dan UMKM di Shopee Melonjak 7 Kali Lipat Saat Harbolnas 11.11, Menandakan Pertumbuhan Yang Luar Biasa

MataKalbar.com – Kampanye Shopee 11.11 Big Sale yang berlangsung pada 11 November 2023 lalu berhasil meningkatkan keuntungan para pelaku usaha lokal maupun usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Shopee melaporkan bahwa transaksi brand lokal maupun UMKM naik hingga tujuh kali lipat di perayaan Harbolnas 11.11 itu, ketimbang di hari biasa.

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna menyatakan bahwa hal ini menunjukkan bagaimana pelaku usaha lokal memanfaatkan Shopee sebagai mitra yang kuat dalam menciptakan bisnis yang berkesinambungan dan penetrasi pasar digital yang inklusif.

Scroll kebawah untuk lihat konten
Advertisement

“Kampanye 11.11 Big Sale ini tidak hanya tentang berbelanja, tetapi juga menjadi bentuk dukungan Shopee untuk memberikan peluang dan eksposur yang lebih besar kepada merek dan produk-produk lokal,” ujar Monica dalam siaran pers, Senin (13/11/2023).

Monica melanjutkan, program Shopee 11.11 Big Sale ini bertujuan untuk mendorong para konsumen untuk semakin tertarik menjelajahi produk dalam negeri, seiring membantu brand lokal untuk dapat diterima seluruh masyarakat luas.

“Kami merasakan tingginya minat konsumen untuk berbelanja produk lokal dan UMKM dari ragam kategori yang dihadirkan,” lanjut dia. “Hal ini menjadi aspek penyemangat kami untuk selalu memberikan berbagai inovasi dan inisiatif yang bermanfaat bagi seluruh ekosistem, mendorong pertumbuhan bisnis lokal, dan memperkuat koneksi antara penjual dan konsumen,” sambungnya lagi.

Menurut Monica, di era digital yang terus berkembang, penting bagi brand lokal dan UMKM untuk terus berinovasi, memanfaatkan peluang yang ada, dan terus bertransformasi sehingga memperkuat eksistensi mereka. Apalagi di periode belanja menuju akhir tahun menjadi momen penting bagi konsumen untuk mengejar promo menarik, penawaran spesial, dan berbagai kelengkapan produk untuk memenuhi berbagai kebutuhannya.

Tren belanja konsumen di Shopee 11.11 ini semakin menggambarkan bagaimana para penjual di berbagai pulau Indonesia bersaing menghadirkan produk terbaiknya di platform Shopee. Hal ini juga menjadi motivasi masyarakat untuk semakin semangat berburu berbagai produk incaran lokal dan UMKM. Khususnya pada kategori Kecantikan, Fashion, dan Gaya Hidup yang ternyata mendapat perhatian spesial di hati konsumen sepanjang kampanye berlangsung.

Berbagai pulau Indonesia memiliki tren produk paling larisnya masing-masing. Di Sumatera, barang seperti minyak telon, popok bayi, dan kaos anak menjadi produk lokal dan UMKM yang paling banyak dibeli konsumen. Di Jawa, Hand & Body Lotion dan Pelembab Wajah dari brand lokal menjadi incaran untuk tampil maksimal. Di Bali, Kebaya Bali, Kacamata Hitam, Sunscreen, dan produk-produk lainnya menjadi produk paling ramai dicari. Di Kalimantan, produk kebutuhan seperti Jas Hujan, Jaket Pria & Wanita, serta Hoodie menjadi yang paling laris. Di Sulawesi, Kipas Angin, Lampu Neon, serta Panci dan Wajan menjadi yang banyak dibeli. Dan di Papua, Celana Cargo, Jam Tangan Pria, Gelang Couple, dan Baju Couple menjadi produk favorit masyarakat.

Maka dari itu, tak heran jika semangat konsumen yang mendukung pertumbuhan bisnis lokal dan menghargai kreativitas serta kualitas produk-produk dari pelaku usaha lokal begitu terasa di sepanjang kampanye 11.11 Big Sale. Tidak hanya sebagai momen untuk mencari promo terbesar akhir tahun yang memberi banyak keuntungan, namun juga menggambarkan bagaimana para penjual di berbagai pulau Indonesia bersaing menghadirkan produk terbaiknya di platform Shopee.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *