Iklan - Scroll ke bawah untuk melanjutkan
Uncategorized

Firli Bahuri Melanggar Kode Etik KPK, Dewas Gelar Sidang

439
×

Firli Bahuri Melanggar Kode Etik KPK, Dewas Gelar Sidang

Sebarkan artikel ini
Pelanggaran Etik Firli Bahuri

Matakalbar.com – Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memutuskan melanjutkan tahap persidangan kode etik dari laporan dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh Ketua KPK Firli Bahuri yang kini sudah nonaktif.

Nampaknya nama Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri tak pernah lepas dari kontroversi selama menjabat sebagai ketua di Lembaga pemberantasan korupsi tersebut. Berbagai perkara dilakukannya hingga dinyatakan melanggar pelanggaran etik berat.

Scroll kebawah untuk lihat konten
Advertisement

Dikutip dari CNN, kata Ketua KPK Tumpak Hatorangan Panggabean di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi atau Kantor Dewasa KPK bahwa ada dugaan beberapa pelanggaran kode etik yang akan dilanjutkan ke persidangan pelanggaran etik yang dilakukan Firli Bahuri.

Tumpak mengatakan bahwa hingga kini telah memeriksa 33 saksi termasuk Firli Bahuri. Pihaknya telah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya yang sedang mengusut dugaan pemerasan yang menjerat Ketua KPK itu.

Sebelumnya Firli sudah menjalani dua kali klarifikasi di Dewas KPK pada Senin (20/11) dan Selasa (5/12) lalu. Dewan KPK Juga telah melakukan klarifikasi terhadap sejumlah pihak lain, mulai dari komisioner KPK lain dan mantan Menteri Pertahanan Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Laporan terhadap Firli juga ditingkatkan ke tahap persidangan terkait adanya dugaan pelanggaran kode etik. Ada dua laporan terkait adanya dugaan pelanggaran etik Firli Bahuri ke Dewas KPK. Pertama, dugaan pelanggaran kode etik yang berhubungan dengan pertemuan Firli Bahuri dengan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Kedua, karena adanya dugaan gaya hidup mewah atas sewa rumah Kertanegara Rp650 juta per tahun.Hal ada hubungan dengan adanya harta kekayaan yang tidak dilaporkan ke Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), antara lain soal hutang dan sewa rumah di Kartanegara 46, Jakarta Selatan.

Persidangan yang akan dilakukan dalam waktu dekat karena adanya dugaan pelanggaran etik melanggar Pasal 4 ayat 2 huruf a atau Pasal 4 ayat 1 huruf j dan Pasal 8 ayat e Perdewas 3/2021. Sebelumnya Firli juga dilaporkan karena beredar foto yang menampilkan dirinya sedang Bersama Syahrul Yasin Limpo di suatu lapangan olahraga.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *