Iklan - Scroll ke bawah untuk melanjutkan
Berita

Konflik Kepentingan di Balik Pilihan Jokowi, Calon Tunggal Panglima TNI Jadi Sorotan

617
×

Konflik Kepentingan di Balik Pilihan Jokowi, Calon Tunggal Panglima TNI Jadi Sorotan

Sebarkan artikel ini
Pertarungan Kepentingan di Balik Pilihan Jokowi untuk Menjadi Calon Tunggal Panglima TNI Menjadi Topik Perbincangan

MataKalbar.com – Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) mengkritisi penunjukkan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon tunggal Panglima TNI yang diduga terkait fenomena All Jokowi’s Man. Koordinator KontraS, Dimas Bagus Arya menyebut adanya korelasi yang erat antara Agus dan Presiden Jokowi.

“Saya mau mencermati fenomena All Jokowi’s Men, orang yang kemudian hari ini duduk di aparat keamanan dan pertahanan itu semuanya punya korelasi yang sangat erat,” ungkap Dimas. Hal tersebut diduga sebagai indikasi konflik kepentingan untuk memudahkan skenario tertentu dalam Pemilu 2024.

Scroll kebawah untuk lihat konten
Advertisement

KontraS juga menyoroti kedekatan Jokowi dan Agus yang menjadi rentan terjadinya netralitas TNI pada Pemilu 2024. Hal ini dipertegas dengan surat presiden (Surpres) yang diterima Ketua DPR RI Puan Maharani terkait pergantian Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono. Puan menyebut calon penggantinya adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto, yang menjadi satu-satunya nama yang diusulkan oleh Presiden Jokowi.

Anggota Komisi I DPR, Dave Laksono mengatakan fit and proper test calon Panglima TNI akan digelar pada 14 November 2023. Hal ini menjadi salah satu cara untuk memastikan Agus layak menjadi Panglima TNI.

Sumber : suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *